Lihat Semua : infografis

Cara Aman Buang Sampah Obat!


Dipublikasikan pada 10 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.341


Indonesiabaik.id - Obat yang sudah tidak digunakan lagi hendaknya jangan dibuang sembarangan agar tak berpotensi membahayakan orang lain dan lingkungan.

Dilansir dari laman Instagram resmi BPOM, sampah obat, baik obat yang sudah kedaluwarsa atau obat yang tak digunakan, sebaiknya dibuang dengan cara-cara khusus.

Cara Aman Buang Obat

  1. Obat padat (tablet, kapsul dan serbuk)

Keluarkan obat dari kemasan, kemudian hancurkan obat terlebih dahulu sebelum membuangnya.

 

Untuk obat kapsul, keluarkan isi kapsul dari cangkangnya kemudian larutkan dengan air dan buang ke saluran air. Untuk tablet, hancurkan obat kemudian campurkan dengan sampah dapur berbau menyengat seperti ampas kopi atau pasir kotoran kucing, baru kemudian masukkan ke dalam plastik atau wadah yang tertutup, dan buang ke tempat sampah

 

  1. Obat semi padat

Untuk obat semi padat seperti gel, salep dan krim, sebaiknya mengeluarkan obat dari kemasan dan menimbunnya di dalam tanah.

 

  1. Obat cair

Pertama, periksa apakah di dalam botol sirup ada endapannya atau apakah obat sudah mengental. Jika ada endapan, encerkan dengan air dan kocok untuk melarutkan endapan. Keluarkan cairan obat, lalu buang di saluran air.

 

Cara kedua, tuang cairan obat ke dalam plastik, tambahkan barang padat seperti ampas kopi, tanah, atau pasir kucing.  Tutup plastik dengan rapat, baru buang ke tempat sampah.

 

  1. Wadah/kemasan obat

Untuk kemasan botol, baik botol plastik atau botol kaca, hilangkan semua label yang melekat di bagian luarnya. Kemudian rusak kemasan botol yang ada.

 

Sedangkan, wadah obat berupa kotak kardus, hendaknya digunting terlebih dahulu baru membuangnya ke tempat sampah



Infografis Terkait