Lihat Semua : infografis

Langkah-Langkah Dapat Vaksin Booster


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.528


Indonesiabaik.id - Pemerintah telah memulai pelaksanaan program vaksinasi dosis lanjutan atau booster sejak 12 Januari 2022. Namun, mungkin tidak semua orang mengerti bagaimana cara mendapatkan vaksin booster.

Langkah-Langkah Mendapat Vaksinasi Booster

Vaksin booster diberikan kepada masyarakat Indonesia secara gratis. Syarat untuk mendapatkan vaksin booster yaitu penerima harus memenuhi kriteria diantaranya berusia 18 tahun ke atas serta sudah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan

Kemudian, cek atau periksa kelayakan penerima dan klaim tiket vaksin booster melalui aplikasi Peduli Lindungi. Jangan lupa siapkan data nama lengkap dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Namun, jika tiket dan jadwal vaksin booster tidak muncul, bisa langsung datang ke fasyankes maupun sentra pelayanan vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Masyarakat tidak diperbolehkan memilih jenis vaksinasi booster. Jenis vaksin akan diberikan sesuai dengan riwayat penerimaan vaksin dosis pertama dan kedua serta mempertimbangkan ketersediaan vaksin di layanan vaksinasi.

Terakhir, tiket yang diperoleh bisa digunakan fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, RS Pemerintah maupun RS milik Pemda.



Infografis Terkait