Lihat Semua : infografis

Sekolah Akan Kembali Dibuka, Yuk! Ketahui Aturannya


Dipublikasikan pada 1 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 2.002


Indonesiabaik.id   -   Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan kapan sekolah akan dibuka pada tahun ajaran baru 2020/2021. Sekolah tetap dibuka pada bulan Juli 2020 di kabupaten/kota yang termasuk dalam golongan zona hijau Covid-19.

Hanya saja, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  menyatakan kegiatan belajar mengajar di sekolah di zona hijau tidak bisa langsung diterapkan seperti dahulu. Ada pembatasan demi menghindari penularan virus corona (Covid-19).

Jadwal Pembukaan Kembali Sekolah

Adapun pembelajaran tatap muka di zona hijau sendiri terdiri atas dua fase, yaitu fase transisi dan normal baru. Waktu paling cepat untuk memenuhi kesiapan di jenjang SMA, SMP, dan sederajat untuk fase transisi adalah Juli 2020 dan fase normal baru pada September 2020. 

Sedangkan waktu paling cepat untuk memenuhi kesiapan fase transisi jenjang SD, MI, Paket A, dan SLB adalah September 2020 dan normal baru pada November 2020. Kemudian, waktu paling cepat untuk memenuhi kesiapan fase transisi pada jenjang PAUD formal dan non formal adalah November 2020 dan normal baru pada Januari 2021.

Ketentuan Pembelajaran 

Sekolah harus mengurangi jumlah siswa dalam satu kelas. Saat sekolah dibuka, Kemendikbud membatasi jumlah siswa 18 orang per kelas. Artinya jumlah siswa dipangkas setengahnya. Pada keadaan normal jumlah rata-rata siswa bisa 28 sampai 30 orang per kelas. 

Kemudian, siswa hanya boleh beraktivitas di dalam kelas ketika bersekolah. Jam istirahat di kantin, ekstrakurikuler, maupun aktivitas di luar kelas tidak boleh dilakukan. Hal itu perlu diterapkan agar tidak ada perkumpulan antara siswa di satu kelas dengan kelas lain. 

Selanjutnya siswa dan guru yang sakit dilarang datang ke sekolah. Pembelajaran pun tetap harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan mulai dari menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan, sampai pemeriksaan suhu di sekolah.



Infografis Terkait