Lihat Semua : infografis

Tinggi Badan Rata-Rata Orang Asia Tenggara


Dipublikasikan pada 3 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Muhammad Mulyadi /   View : 463


Indonesiabaik.id - Asia Tenggara secara khusus memiliki rata-rata tinggi badan yang lebih rendah dibandingkan negara Asia lain, dengan Timor-Leste yang juga dinobatkan sebagai negara terpendek di 2024. Dengan merujuk pada penduduk usia 19 tahun, rata-rata tinggi badan penduduk di Indonesia adalah 154-166 sentimeter (cm). 

Berapa Rata-Rata Tinggi Badan di Asia Tenggara?

Singapura menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara sebagai negara yang memiliki penduduk berbadan tinggi. Penduduk Singapura rata-rata memiliki tinggi badan 173,5 cm bagi laki-laki dan 161,3 cm bagi perempuan. Kemudian, di susul oleh Thailand yang memiliki tinggi badan rata-rata 171,6 cm bagi laki-laki dan 159,4 cm bagi perempuan. 

Malaysia berada di peringkat ketiga dengan rata-rata tinggi penduduknya 169,2 cm  bagi laki-laki dan 157 cm bagi perempuan. Vietnam, Myanmar dan Brunei Darussalam pun menyusul di peringkat berikutnya dengan  rata-rata tinggi penduduknya berkisar 168,8 cm sampai 166,3 cm  bagi laki-laki dan 158,4 cm sampai 154,9 cm  bagi perempuan. 

Indonesia sendiri berada di peringkat yang relatif rendah di ASEAN yakni urutan ke-7 dengan rata-rata tinggi penduduk laki-laki sebesar 166,2 cm dan penduduk perempuan 154,3 cm. 

Sekadar informasi, sebagian besar negara menggunakan sistem pengukuran metrik atau sistem pengukuran paling umum yang menggunakan meter dan sentimeter.  Sementara WPR menyertakan tinggi rata-rata per negara dalam satuan imperial atau menggunakan ukuran kaki dan inci.



Infografis Terkait