Lihat Semua : motion_grafis

Gejala Terinfeksi Cacar Monyet


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 990

Indonesiabaik.id - Munculnya gejala cacar monyet bisa dialami dalam dua fase. Setelah virus masuk ke dalam tubuh, maka gejalanya akan mulai timbul antara 6-16 hari kemudian atau disebut dengan masa inkubasi. Gejala penyakit cacar monyet secara umum, gejala penyakit cacar monyet antara lain termasuk demam, nyeri, pembengkakan nodus limfa, dan ruam pada kulit. Penyakit ini juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia atau bahkan kematian.

Dilansir dari laman World Health Organization, gejala akibat cacar monyet terdiri dari dua fase yaitu: Fase invasi atau pra-erupsi . Fase invasi yang biasanya akan terjadi selama 5 hari. Kemunculan gejala pertama yang akan menurunkan kesehatan tubuh seseorang adalah demam, sehingga suhu tubuh dapat mencapai 38,5-40,5 derajat Celcius.

Pada fase ini demam akan disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti keringat dingin, kondisi tubuh yang menggigil, badan mulai lemas, nyeri punggung, nyeri otot, sakit kepala, terjadi pembesaran kelenjar getah bening terutama pada bagian leher dan rahang.

Lalu fase yang kedua adalah fase erupsi kulit. Fase erupsi kulit terjadi pada 1-3 hari setelah demam mulai berlangsung. Gejala cacar monyet pada fase ini dapat memunculkan ruam pada kulit, sehingga akan terlihat kemerahan dari bagian wajah hingga seluruh tubuh. Ruam kulit nantinya perlahan-lahan akan berubah menjadi bintik berisi air seperti nanah dan jika sembuh akan berbekas seperti luka koreng.



Motion Grafis Terkait