Lihat Semua : motion_grafis

Kenali Penggunaan Masker yang Tepat


Dipublikasikan pada 5 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 273

Indonesiabaik.id   -   Masker membantu mencegah penularan virus yang mungkin tersebar lewat udara. Salah satu upaya agar tidak tertular virus corona, yakni dengan menggunakan masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Jenis-Jenis Masker

Adapun masker yang umumnya digunakan oleh masyarakat ada dua tipe, yakni masker bedah dan masker N95. Sayangnya, banyak masyarakat Indonesia masih ada yang belum paham mengenai pemakaian masker yang benar. 

Masker ataupun respirator didesain untuk mengurangi pajanan partikulet (PM). Berdasarkan penelitian/ literatur, masker bedah didesain untuk memfilter partikel yang besar tetapi tidak untuk partikel yang kecil, penetrasinya sekitar 60-70% partikel masih dapat masuk ke saluran napas.

Jenis masker N95 merupakan masker yang cukup baik karena dapat menghalangi 95% partikel yang masuk jika digunakan dengan teknik dan cara yang tepat. Berdasarkan beberapa penelitian, penggunaan masker N95 dan masker bedah tidak berbeda.

Gunakan Masker yang Tepat

Tenang, virus corona masih bisa dicegah. Kamu bisa melindungi dirimu dengan masker supaya virus corona yang menyebar lewat udara ini tidak bisa masuk ke dalam tubuhmu. Namun, kamu juga harus tahu, bagaimana cara menggunakan masker yang tepat dalam mencegah Coronavirus.

Penggunaan Masker yang Tepat

  1. Sesuaikan ukuran masker dengan wajah

  2. Cuci tangan sebelum menyentuh masker

  3. Tempelkan masker ke wajah 

  4. Panjangkan lipatan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu

  5. Hindari menyentuh masker



Motion Grafis Terkait