Lihat Semua : motion_grafis

Ketahui, Sadari, Waspadai, Peduli Talasemia


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.366

Indonesiabaik.id - Hari Talasemia Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Mei. Peringatan ini  untuk menghormati dan mendukung penyandang Talasemia dan orang tuanya yang tidak pernah kehilangan harapan hidup terlepas dari perjuangan mereka mengatasi beban penyakit yang harus mereka tanggung,  juga bagi semua ilmuwan yang tak kenal lelah mengabdikan dirinya untuk  meningkatkan kualitas hidup orang dengan Talasemia di seluruh dunia.

Tema peringatan Hari Talasemia Sedunia tahun 2019 adalah “Akses universal dalam pelayanan kesehatan Talasemia yang berkualitas: Membangun jembatan dengan dan untuk pasien” (Universal access to quality thalassaemia healthcare services: Building bridges with and for patients). Tema ini menegaskan bahwa perlunya kita saling mendukung untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi pasien Talasemia.

Kurangnya informasi soal Talasemia membuat masih ada masyarakat yang mengganggap Talasemia penyakit menular. Padahal Talasemia merupakan penyakit langka akibat kelainan genetik dan bukan penyakit menular. Penurunan Talasemia mengikuti hukum Mendel. Sehingga tidak ada pengaruh gender atau jenis kelamin dalam mekanisme penurunan dari orang tua ke anak.

Apa itu Talasemia ?Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah merah yang diturunkan dari kedua orangtua kepada anak dan keturunannya. Penyakit ini disebabkan karena berkurangnya atau tidak terbentuknya protein pembentuk hemoglobin utama manusia, hal ini menyebabkan eritrosit mudah pecah dan menyebabkan pasien menjadi pucat karena kekurangan darah (anemia).



Motion Grafis Terkait