Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Manisnya Pisang Indonesia Dinikmati Hingga Mancanegara


Dipublikasikan pada 6 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Abror Fauzi / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.769

Pisang (Musaa spp.) merupakan tanaman buah berbentuk herba berasal dari kawasan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Tanaman ini kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah.

Di Indonesia, pisang merupakan salah satu buah yang sangat populer di masyarakat karena mudah ditemukan dan tersedia dalam berbagai jenis, disamping harganya yang sangat terjangkau dan nilai gizinya yang sangat lengkap.

Budidaya buah pisang saat ini tidak hanya dilakukan secara sederhana hanya di pekarangan/kebun rumah, tetapi telah dilakukan secara intensif terutama pisang untuk keperluan ekspor.

Dalam Outlook Komoditas Pisang pada tahun 2016 yang diterbitkan Kementerian Pertanian, pisang dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan jenis dan pemanfaatannya yakni, pertama, pisang yang dimakan buahnya tanpa dimasak yaitu M. paradisiaca var sapientum, M. nana atau disebut juga M. cavendishii, M. sinensis, misalnya pisang ambon, susu, raja, cavendis, barangan dan mas.

Kedua, pisang yang dimakan setelah buahnya dimasak yaitu M. paradisiaca forma typicaatau disebut juga M. paradisiaca normalis, misalnya pisang nagka, tanduk, dan kapok. Ketiga, pisang berbiji yaitu M. brachycarpa yang di Indonesia dimanfaatkan daunnya, misalnya pisang batu dan klutuk. Keempat, pisang yang diambil seratnya misal pisang manila.



Motion Grafis Terkait