Lihat Semua : videografis

Jalur Sepeda Permanen Ibu Kota


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 997

indonesiabaik.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kini tengah menyosialisasikan penggunaan jalur permanen bagi pesepeda yang dilengkapi pembatas jalan.

Uji Coba Jalur Sepeda Permanen

Jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin masuk dalam tahap uji coba sejak 26 Februari 2021. Uji coba berlangsung selama tahap penyempurnaan jalur sepeda permanen yang ditargetkan rampung akhir Maret 2021.

Jalur Sepeda Permanen

Adapun jalur sepeda ini nantinya bakal membentang dari Bundaran Senayan hingga Bundaran HI dan memiliki total panjang 11,2 kilometer. Proyek pembuatan jalur diperkirakan menelan biaya hingga Rp30 miliar yang tidak ada anggaran sepeserpun yang dikeluarkan Pemprov DKI melainkan kompensasi pihak ketiga atau swasta.

Adapun pembatasnya menggunakan pot tanaman atau planter box yang dibentuk layaknya rantai yang saling terkait yang mengusung tema "Sabuk Nusantara".

Pro Kontra

Meski adanya jalur sepeda permanen tujuannya baik untuk melindungi pesepeda di jalan raya, namun kontra di masyarakat tetap ada. Apalagi, komunitas pesepeda yang meminta dispensasi waktu tertentu untuk jenis road bike dapat menggunakan jalur kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin.



Videografis Terkait