Lihat Semua : videografis

Keunggulan Jakarta International Stadium


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 962

indonesiabaik.id - Saat ini pembangunan Stadion Jakarta International Stadium (JIS) sudah mencapai 68 persen. Sejak dimulainya pembangunan ini, satu per satu sudah mulai dikerjakan, salah satunya lapangan utama.

Dipersiapkan Untuk Piala Dunia U-20

Pasalnya, stadion JIS siap menjadi salah satu arena perhelatan Piala Dunia Sepak Bola U-20 setelah sebelumnya menerima tiga penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyebut pihaknya tengah mengoptimalkan waktu untuk mempersiapkan JIS menjadi salah satu arena turnamen para calon bintang sepak bola itu setelah FIFA memutuskan menunda "kick off" Piala Dunia Sepak Bola U-20 di Indonesia hingga 2023 karena pandemi COVID-19.

Kapasitasnya mampu menampung 82.000 penonton. Tak heran ya, dengan kapasitas sebanyak itu, tentu saja JIS menjadi salah satu stadion termegah di dunia. Berdasarkan laporan Daily Mail pada 20 Februari 2021, stadion ini masuk dalam 10 stadion termegah di dunia.

Terima 3 Rekor Muri

Pada minggu ke-100 sejak pembangunan dimulai, Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI)  menganugerahi tiga kategori rekor kepada stadion JIS, yakni Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat, Stadion Pertama yang menggunakan Sistem Atap Buka-Tutup dan Stadion Green Building dengan Sertifikasi Platinum Pertama.

Stadion JIS termasuk stadion pertama di Indonesia yang dibangun dengan konsep keberlanjutan (sustainability). Pantas saja, stadion JIS mendapatkan sertifikasi "Green Building Grade Platinum".

Rumput stadion utama dan lapangan latihnya menggunakan "hybrid turf" sesuai standar FIFA yang bisa menyerap air lebih banyak. Kerennya, bisa digunakan hingga 1000 jam pertandingan. Dengan luasnya yang hampir 300 ribu meter dan tinggi 70 meter, stadion JIS ditargetkan rampung pada akhir tahun 2021.

Kelebihan lainnya, stadion JIS juga menfasilitasi tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas. Tak hanya itu, stadion ini menjadi yang pertama di Indonesia stadion yang dibangun.



Videografis Terkait