Lihat Semua : videografis

Presidensi G20, Untungkan Ekonomi Indonesia


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 317

indonesiabaik.id - Untuk pertama kalinya, Indonesia memegang Presidensi G20 sejak G20 didirikan.

Pemulihan Ekonomi Global

Pada kesempatan kali ini, Indonesia menjadi tuan rumah Predensi G20. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) menyebut, Indonesia memiliki kesempatan untuk ikut menentukan arah desain kebijakan pemulihan ekonomi global.

Dalam presidensi ini, Indonesia akan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Tema itu diambil dengan mengedepankan pemulihan ekonomi yang berkelanjutan pasca pandemi. Disebut-sebut, tema itu tidak hanya relevan bagi kelompok negara G20 saja, melainkan juga untuk negara di dunia.

Tema yang dilatarbelakangi visi Indonesia untuk mengedepankan kemitraan dan inklusivitas guna mendorong pemulihan ekonomi dunia yang tangguh yang berkelanjutan pasca pandemi COVID-19.

Manfaat Ekonomi Bagi Indonesia

Presidensi G20 ini dinilai akan membawa manfaat yang besar bagi Indonesia. Pada aspek ekonomi, kunjungan delegasi negara G20 akan dapat meningkatkan konsumsi domestik, peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB), hingga menyerap tenaga kerja.

Disebutkan Menko Airlangga, peningkatan konsumsi domestik diperkirakan bisa mencapai Rp1,7 triliun rupiah, penambahan PDB hingga Rp7,47 triliun, dan pelibatan tenaga kerja sekitar 33 ribu di berbagai sektor.



Videografis Terkait