Lihat Semua : infografis

Yuk Nikmati Petualangan Kuliner Tradisional Indonesia


Dipublikasikan pada 5 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Septian Agam / Desain : RM Ksatria Bhumi Persada /   View : 5.092


Indonesia memiliki ribuan masakan tradisional yang tersebar di seluruh provinsi. Selain 30 ikon kuliner tradisional Indonesia sudah resmi diperkenalkan oleh pemerintah pada tahun 2012 lalu, sebenarnya masih banyak makanan yang tak kalah enak.

Sebanyak 30 ikon makanan daerah dipilih dari 70 hidangan tradisional yang dianggap pantas, untuk kemudian diadakan uji rasa dan penyaringan kembali. Adapun kriteria pemilihannya antara lain, kemudahan mendapatkan bahan, dikenal secara luas masyarakat dan ada pelaku profesional yang membuatnya selain ibu rumahtangga.

Tiga puluh ikon makanan daerah itu antara lain Ayam Panggang Bumbu Rujak, Nasi Goreng Kampung, Serabi Bandung, Sayur Nangka Kapau, Urap Sayuran Yogyakarta, Sate Maranggi Purwakarta, dan masik banyak lagi. Dari 30 ikon kuliner yang terpilih ini diujirasa sehingga memiliki resep yang baku dan bisa dibuat di mana saja. Terdiri dari makanan pembuka, utama dan dessert.

Selain 30 ikon makanan tradisional tersebut, kamu masih bisa menjelajahi makanan-makanan khas yang tak kalah enak dari seluruh provinsi di Indonesia. 



Infografis Terkait