Lihat Semua : infografis

Kebiasaan yang Dilarang Saat di Tanah Suci


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 620


indonesiabaik.id --- Budaya dan aturan kebiasaan di suatu tempat atau negara tentu berbeda-beda, apalagi saat melakukan ibadah baik umrah maupun haji di Tanah Suci.

Hal yang Tidak Dibolehkan Selama di Tanah Suci

Melansir data dari Kemenag, ada sejumlah aktivitas yang dilarang selama di Tanah Suci, baik di Mekkah, Madinah maupun Saudi Arabia.

Adapun larangan itu dikarenakan bisa menyebabkan kecurigaan atau bahkan mengganggu rangkaian ibadah di Tanah Suci.

Berikut jenis larangannya;

  1. Membuat video dengan durasi terlalu lama

Pada prinsipnya, pembuatan rekaman  video atau audio cukup longgar diberlakukan oleh otoritas Saudi.

Namun, jika pengambilan video dilakukan dalam waktu cukup lama dan statis, biasanya akan menimbulkan kecurigaan. Apalagi jika perekaman itu disertai dengan alat pendukung seperti tripod, lampu, mikropon khusus, kabel audio-video, dan lain sebagainya. Petugas Saudi banyak melakukan patroli, baik langsung maupun lewat CCTV. Jika melanggar, kamera dan perekam akan ditahan. Bahkan rekaman akan dihapus.

  1. Membentangkan spanduk

Aturan ini berlaku baik di dalam maupun di luar kompleks masjid. Jemaah dilarang membentangkan spanduk, barang, atau bendera yang menunjukkan identitas personal atau kelompok tertentu.

  1. Berkerumun lebih 5 orang

Saudi juga menerapkan aturan ketat bagi jamaah yang ketahuan berkerumun lima orang atau lebih dalam jangka waktu lama.

Selain berpotensi menghambat alur pergerakan orang, berkerumunan jemaah juga bisa menimbulkan kecurigaan.

  1. Mengambil barang temuan

Hal yang sebaiknya dihindari selama di Tanah Suci yaitu mengambil barang yang tergeletak di masjid dan sekitarnya. Meski niat jemaah adalah baik untuk mengamankan barang tersebut, namun bisa dimaknai lain, seperti mencuri dan sebagainya.

Karenanya, jika menemukan barang berharga yang tercecer atau tergeletak, lebih baik segera menghubungi petugas terdekat.

  1. Merokok

Sebaiknya, merokok dilakukan di tempat yang jauh dari kawasan masjid, atau bahkan kawasan khusus merokok.

Sebab jika ketahuan pasti akan diingatkan. Bahkan, jika menemukan petugas yang garang, bisa jadi jamaah ditahan untuk diproses hukum.

  1. Buang sampah sembarangan

Sebagai informasi, di banyak sudut pengelola sudah menyediakan kotak-kotak sampah.

Bahkan di dalam masjid, ada petugas khusus yang berkeliling membawa plastik besar sebagai tempat pembuangan sampah jamaah. Karenanya, jaga kebersihan selalu dan buang sampah pada tempatnya.



Infografis Terkait