Lihat Semua : infografis

Klasifikasi Atlet Peparnas XVI Papua 2021!


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 2.175


Indonesiabaik.id - Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua sudah bergulir pada 2-15 November 2021. Peparnas adalah kepanjangan dari Pekan Paralimpik Nasional. Peparnas merupakan pekan olah raga yang diikuti oleh para atlet dengan kebutuhan khusus (Penyandang Disabilitas). 

Pada Peparnas XVI Papua tahun 2021 ada empat Klasifikasi Disabilitas yang akan bertanding di 12 Cabang olahraga, yakni Tuna Daksa, Tuna Grahita, Tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara.

Klasifikasi Atlet

  1. Tuna daksa adalah kondisi yang memiliki anggota tubuh tidak sempurna atau kerap disebut sebagai disabilitas fisik, cacat tubuh, atau orthopedically handicapped. Ada dua jenis Tuna Daksa yakni, Tuna Daksa Selebral dan Tuna Daksa Otot dan Rangka.
  1. Tuna Grahita adalah adalah sebutan untuk kondisi keterbelakangan yang disebabkan oleh perkembangan otak secara tidak sempurna. Gangguan ini umumnya baru dikenali saat 18 tahun.

 

  1. Tuna Netra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Berdasarkan tingkat gangguannya Tunanetra dibagi dua yaitu buta total (total blind) dan masih mempunyai sisa penglihatan (low visioan)

 

  1. Tuna Rungu Wicara adalah kondisi fisik yang dialami oleh seseorang yang tidak memilki kemampuan untuk mendengarkan suara dalam bentuk apapun, biasanya seorang tuna rungu juga menderita tuna wicara atau ketidak mampuan untuk berbicara


Infografis Terkait