Lihat Semua : infografis

Prioritas #Bekerja


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Septian Agam /   View : 1.271


Indonesiabaik.id  - Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, program #Bekerja atau Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera merupakan bagian dari program padat karya tunai yang berbasis pada sektor pertanian. Sektor pertanian disebut harus menjadi ujung tombak untuk menekan angka kemiskinan khususnya di desa, serta mengangkat kesejahteraan petani.

Program Bekerja diluncurkan Pemerintah Indonesia melalui kewenangan Kementerian Pertanian (Kementan) guna mengentaskan kemiskinan di desa. Pada 2018, dengan menjangkau 1.000 desa di 100 kabupaten, secara agregat diharapkan program ini mampu menekan angka kemiskinan sesuai target pemerintah menjadi di bawah 10 persen.

Terkait efektivitas distribusi program, Kementan memperhatikan agro-climate, kultur tanaman, serta keunggulan komparatif yang dimiliki oleh setiap daerah. Hal ini bertujuan agar Program Bekerja bisa mewujudkan klaster ekonomi yang fokus sehingga bisa menopang skala industri di daerah. Pada setiap klaster ekonomi dikembangkan usaha hulu (produksi) hingga hilir (pengolahan dan pemasaran).

Untuk memastikan program tersebut bisa tepat sasaran, Kementan membentuk tim yang langsung turun ke lapangan untuk penerapannya. Terdapat sejumlah provinsi prioritas sebagai awal yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Sumsel, Lampung, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.



Infografis Terkait