Lihat Semua : infografis

Siaga Tenaga Medis untuk KTT G20


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : admin indonesiabaik /   View : 608


indonesiabaik.id - Tenaga medis Provinsi Bali disiagakan bersama guna menjaga dan menjamin para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Tenaga Medis Disiagakan

Dalam penyelenggaraan KTT G20, pada 15-16 November 2022, sejumlah tenaga medis disiagakan guna memastikan kesehatan para delegasi negara-negara anggota G20. Tenaga medis yang disiapkan terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dan perawat, dengan jumlah tercatat sebanyak 408 orang.

Sebelum bertugas untuk tim kesehatan G20, mereka mendapat pelatihan, termasuk menggelar simulasi kedaruratan. Para tenaga medis tersebut bersiaga penuh, seperti di titik-titik lokasi pertemuan sesuai agenda konferensi, sejumlah rumah sakit rujukan, klinik rujukan, serta beberapa hotel tempat menginap delegasi

Jumlah Fasilitas Kesehatan

Fasilitas pelayanan kesehatan KTT G20 yang disiapkan yaitu empat unit ruang mini intensive care unit (ICU), 23 klinik, dan 13 tim medis mobile. Dokter yang diutamakan setiap tim khususnya untuk tamu VVIP dan VIP, di antaranya dokter jantung, dokter anestesi, dan dokter umum. 

Selanjutnya, tujuh rumah sakit menjadi rujukan delegasi KTT. Rumah sakit tersebut adalah rumah sakit umum pusat (RSUP) IGN Ngurah, rumah sakit umum daerah (RSUD) Bali Mandara, rumah sakit umum (RSU) Universitas Udayana, Siloam, BIMC Nusa Dua, Bhayangkara, dan RS tingkat II Udayana. Seluruh rumah sakit, klinik, mini ICU, serta tim medis mobile terhubung dengan command centre, pusat komunikasi yang berada di kompleks ITDC Nusa Dua.

Sementara itu, untuk total tempat tidur yang disiapkan sebanyak 1.350 unit, di seluruh rumah sakit rujukan G20. Jumlah tempat tidur ini sudah termasuk menyiapkan bagi tamu/delegasi yang memerlukan perawatan khusus di ruang intensive care unit (ICU) serta di ruangan isolasi terpapar COVID-19.



Infografis Terkait