Lihat Semua : infografis

Siap Untuk Selamat!


Dipublikasikan pada 11 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 149


Indonesiabaik.id - 26 April ditetapkan sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang dicetuskan dengan tujuan mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan kesiapsiagaan bencana secara serentak.

Hari Kesiapsiagaan Bencana

Hari Kesiapsiagaan Bencana akan diperingati secara nasional di seluruh daerah Indonesia. Pada tanggal tersebut, setiap daerah akan melaksanakan simulasi kesiapsiagaan bencana. 26 April dipilih sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana terkait dengan 10 tahun Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007.

Adanya peringatan tersebut bisa membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarkat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Kegiatan utama pada Hari Kesiapsiagaan Bencana adalah latihan atau simulasi serentak di Indonesia. Latihan meliputi evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini, uji shelter dan lain-lain dengan empat hal yang perlu dilakukan antara lain mengenali ancaman bencana yang ada di sekitar, mengenali risiko bencana, mengetahui tempat evakuasi, dan pelatihan menghadapi bencana bersama keluarga.



Infografis Terkait