Lihat Semua : infografis

Yuk! Cegah Kejahatan SIM Swap Dari Sekarang


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 690


Indonesiabaik.id   -   Selain modus penipuan skimming yang cukup marak terjadi di Indonesia, ada satu lagi modus yang mulai dijalankan oleh para pelaku kejahatan. Yaitu modus penipuan Sim Swap yang memanfaatkan kegiatan pergantian Sim Card melalui gerai operator seluler. 

Oleh karena itu, demi menghindari diri menjadi korban kejahatan, kita perlu mempelajari kasus-kasus dan modus penipuan yang dilakukan oleh pelaku kejahatan.

Tips Mencegah Modus Sim Swap

Setelah mengetahui banyaknya jenis atau modus penipuan yang terjadi di luar sana, tentu rasa khawatir segera menghampiri. Tetapi tidak perlu panik, yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan pelajari tips berikut ini agar terhindar dari modus penipuan perbankan.

Adapun sejumlah tips yang bisa Anda perhatikan agar terhindar dari aksi SIM swap adalah sebagai berikut:

  1. Jangan memberikan data finansial kepada siapa pun atau pihak yang mengatasnamakan institusi. Data finansial itu baik berupa berupa personal identification number (PIN), card verification code (CVV)/card verification code (CVC) kartu kredit, user name, password, on time password (OTP).

  2. Ganti secara berkala, semua jenis password Anda.

  3. Setop mengumbar data pribadi Anda di media sosial. Data pribadi tersebut diantaranya meliputi nama lengkap Anda, nama ibu kandung, alamat lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta nomor kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

  4. Jangan meng-in put data pribadi Anda di situs palsu atau fiktif. Situs palsu atau fiktif tersebut bisa berupa aplikasi malware, situs diskon palsu, dan situs yang mengobral hadiah.

Jangan lupa, laporkan kejadian yang Anda alami kepada pihak berwenang (kepolisian), untuk melengkapi pelaporan dan penyelidikan lebih lanjut. Sebagai tambahan, call center Bank Indonesia (BI) ada di nomor 131 atau e-mail di alamat bicara@bi.go.id. Sedangkan call center OJK ada di nomor 157 dan alamat e-mail di konsumen@ojk.go.id.



Infografis Terkait