Lihat Semua : infografis

Bahaya Merokok Langsung Setelah Buka Puasa


Dipublikasikan pada 23 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 492


indonesiabaik.id - Merokok langsung setelah buka puasa bisa meningkatkan risiko penyakit.

Bahaya Merokok Setelah Berbuka

Setelah berpuasa, tubuh memerlukan suplai energi baru untuk mengganti energi yang hilang seharian. Jika langsung merokok saat berbuka, hal ini bisa memicu timbulnya penyakit.

Sebaiknya ketika pertama berbuka, diisi dengan minum air putih dan makan buah atau kurma. Hindari merokok saat perut kosong, karena asap rokok yang masuk ke tubuh membahayakan.

Asap rokok mengandung aneka komponen berbahaya termasuk nikotin. Ketika merokok saat berbuka puasa, alias saat perut yang kosong tanpa nutrisi selama durasi yang lama, ini sama dengan memasukkan zat beracun untuk pertama kali. Efek nikotin yang terdapat dalam rokok akan langsung sampai ke otak. 

Saat nikotin masuk ke dalam tubuh terutama dalam kondisi perut kosong, ini akan meningkatkan risiko kanker paru.

Karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok mengikat hemoglobin darah 300 kali lebih kuat dibanding oksigen.
Hal ini mengakibatkan sel-sel dalam tubuh kekurangan oksigen. Semakin turun kadar oksigen dalam darah, organ-organ tubuh dan otot akan kekurangan suplai oksigen sehingga terjadi penurunan fungsi, sehingga akan menurunkan fungsi otot dan jantung. Hal ini akan berefek mual, lelah, dan sakit kepala.



Infografis Terkait