Lihat Semua : infografis

Cara Mencegah Anak dari Hepatitis Akut


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.056


indonesiabaik.id - Meski penyebab penyakit hepatitis akut belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Ketahui Gejalanya

Upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan Hepatitis Akut adalah pemahaman orang tua terhadap gejala awal penyakit Hepatitis Akut.

Melansir pernyataan Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI pada laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menyebutkan, secara umum gejala awal penyakit Hepatitis Akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal.

Cara Pencegahan

Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari menyebut, untuk mencegah risiko infeksi, orang tua perlu meningkatkan kewaspadaan. Langkah awal yang bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Untuk mencegah dari saluran pencernaan, Prof Hanifah menyarankan untuk menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, dan tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat.

Selain itu, untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernapasan, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.



Infografis Terkait