Lihat Semua : infografis

Yuk, Sehat dan Bahagia dengan Pangan Lokal


Dipublikasikan pada 2 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 5.930


Indonesiabaik.id - Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional di tengah pandemi, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian gencar menyelenggarakan Gerakan Diversifikasi Pangan.

Deversifikasi pangan dapat diartikan dengan mengubah pola konsumsi masyarakat agar tidak tergantung pada 1 komoditas saja. Sebagai informasi, Indonesia punya 77 jenis pangan sumber karbohidrat dan 6 jenis pangan di antaranya merupakan sumber pangan pengganti beras.

Apa saja keenam jenis pangan tersebut?

1. Singkong

Makanan ini memiliki sumber serat yang tinggi dan dapat mengurangi risiko diabetes. Satu porsi nasi setara dengan 1,5 potong singkong.

2. Jagung

Pangan ini mengandung serat tinggi sehingga aman mencegah sembelit. Dalam satu porsi nasi setara dengan 3 buah jagung.

3. Pisang

Dua buha pisang sudah bisa menggantikan satu porsi makan nasi. Sangat cocok untuk kalian yang ingin melakukan program diet. Selain itu pisang juga mengandung zat besi yang baik untuk sirkulasi darah.

4. Talas

kandungan kalsiumnya yang tinggi ternyata baik untuk kekuatan tulang. Jika disetarakan, pada 1/2 potong talas sudah setara dengan satu porsi nasi.

5. Kentang

Selain enak, kentang juga tinggi antioksidan dan kaya serat pangan untuk menangkal radikal bebas nih. Cukup makan 2 buah kentang, kamu sudah setara seperti makan satu porsi nasi.

6. Sagu

Terakhir, makanan khas Indonesia timur yang kaya akan gizi. Kandungan dalam sagu mampu mencegah sembelit dan kanker usus. Pada 100 gram sagu atau delapan sendok makan tepung sagu sudah sama seperti dengan satu porsi nasi.

Tunggu apa lagi? Yuk mulai ubah mindset dalam mengonsumsi pangan yang sehat.



Infografis Terkait