Lihat Semua : infografis

Hepatitis Akut Berat yang Belum Diketahui Penyebabnya


Dipublikasikan pada 6 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.316


indonesiabaik.id - Penyakit Hepatitis Akut yang sedang melanda dunia diduga telah masuk ke Indonesia.

Kemenkes Terus Investigasi

Kementerian Kesehatan RI hingga saat ini (9/5), masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab penyakit ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga terus meningkatkan kewaspdaan terkait temuan penyakit hepatitis akut pada anak di Eropa, Amerika Serikat dan Asia yang belum diketahui penyebabnya.

Ketahui Gejalanya

Melansir pernyataan Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI pada laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menyebutkan, secara umum gejala awal penyakit Hepatitis Akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan.



Infografis Terkait