Lihat Semua : infografis

Mengapa Vaksin Covid-19 Disuntikkan di Lengan?


Dipublikasikan pada 7 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 23.473


Indonesiabaik.id - Ada beberapa cara memasukkan vaksin ke tubuh, mulai dari oral (melalui mulut), suntikan di bahwa kulit (subtukan), hingga suntikan di otot (intramuskular).  Nah, vaksin Covid-19 merupakan jenis suntik intramuskular.

Mengapa vaksin Covid-19 disuntikkan di bagian lengan tubuh?

Berdasarkan Petunjuk teknis (Juknis) penyuntikan vaksin Covid-19, vaksin Covid-19 tidak disuntikkan secara sembarangan di tubuh. Vaksin Covid-19 diberikan melalui suntikan intramuskular di bagian lengan kiri atas menggunakan alat suntik sekali pakai.

Intramuskular artinya vaksin akan bekerja atau berfungsi di bagian tubuh yang memiliki cukup jaringan otot untuk menyerap dosis vaksin. Vaksin yang mengandung adjuvan harus diberikan secara intramuskuler untuk mengurangi reaksi lokal.

Ternyata, mendapat suntikan vaksin Covid-19 di lengan akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap vaksin.  Pasalnya, otot juga memiliki sel kekebalan. Ini adalah tempat pemberian vaksin sangat baik karena jaringan otot memiliki sel-sel kekebalan yang penting.

Sel kekebalan tersebut mengenali antigen, sepotong kecil virus atau bakteri yang dibawa oleh vaksin untuk merangsang respon kekebalan, tetapi dalam kasus vaksin Covid-19, vaksin tidak memasukkan antigen. Namun, vaksin memberikan cetak biru, atau fragmen-fragmen kecil dari virus, untuk memproduksi antigen.



Infografis Terkait