Lihat Semua : infografis

Penggunaan Masker yang Tepat di Berbagai Kondisi


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 828


Indonesiabaik.id   -   Disiplin menggunakan masker Corona dengan benar adalah salah satu protokol kesehatan yang perlu diterapkan. Tujuannya adalah agar penyebaran Virus Covid-19 bisa terputus.

Penggunaan masker Corona adalah hal yang penting. Tanpa disadari, sebanyak 30-40 persen orang yang terinfeksi Virus Covid-19 tanpa gejala menyebarkan virus ke orang lain melalui batuk, bersin, atau berbicara.

Anjuran Penggunaan Masker

Banyak negara telah merekomendasikan masyarakat umum untuk menggunakan masker kain/penutup wajah. Saat ini, penggunaan masker secara meluas oleh orang yang sehat di masyarakat belum didukung dengan bukti ilmiah yang meyakinkan atau langsung dan ada kemungkinan manfaat dan kerugian yang perlu dipertimbangkan

WHO menganjurkan agar para pengambil keputusan menerapkan pendekatan berbasis risiko yang berfokus pada kriteria-kriteria berikut saat mempertimbangkan atau mendorong penggunaan masker oleh masyarakat umum:

  1. Tujuan masker digunakan: apakah tujuannya adalah mencegah pemakai yang terinfeksi menyebarkan virus kepada orang lain (pengendalian sumber) dan/atau memberikan perlindungan kepada pemakai yang sehat terhadap infeksi (pencegahan)

  2. Kerentanan pemakai masker/populasi: misalnya, masker medis dapat digunakan oleh orang berusia lanjut, pasien dengan imunosupresi, dan orang dengan komorbiditas, seperti penyakit kardiovaskular atau diabetes melitus, penyakit paru kronis, kanker, dan penyakit serebrovaskular

  3. Tempat di mana masyarakat tinggal: tempat dengan kepadatan penduduk yang tinggi (seperti penampungan pengungsi, tempat serupa penampungan, pemukiman padat) dan tempat di mana masyarakat tidak dapat menjaga jarak fisik minimal 1 meter (seperti angkutan umum)

  4. Keterlaksanaan: ketersediaan dan biaya masker, akses pada air bersih untuk mencuci masker nonmedis, dan kemampuan pemakai masker menoleransi efek merugikan dari penggunaan masker.

  5. Jenis masker: masker medis atau masker nonmedis

Kepatuhan terhadap protokol kesehatan dapat menurunkan tingkat risiko terpapar Covid-19, meskipun tidak menghilangkan sama sekali risiko tersebut. Oleh karena itu, amat disarankan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.



Infografis Terkait