Lihat Semua : infografis

Tips Sehat di Hari Raya Kurban


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Muhammad Mulyadi /   View : 1.138


Indonesibaik.id - Hari raya Idul Adha menjadi momen penting untuk saling peduli dan menjunjung kebersamaan. Di hari itu pula dimaknai sebagai ungkapan simpati kepada sesama manusia terutama bagi yang tidak mampu. 

Hal itu diwujudkan melalui pemotongan hewan kurban, yakni kambing, sapi atau kerbau untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat secara merata. Pada saat itu pula masyarakat berkesempatan mengonsumsi daging lebih banyak dari hari biasanya.

Kandungan gizi daging kambing dan sapi bagus untuk tubuh. Namun demikian, kelebihan konsumsi daging kambing dan sapi akan berefek langsung, seperti merasa pusing dan mual

Jangan Berlebihan Konsumsi Daging Kurban

Harus diingat dalam daging kambing dan sapi terkandung lemak jenuh yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebih. Protein secukupnya, selebar telapak tangan, jika berlebih, ginjal akan bekerja keras. Sebaiknya lemak bukan dari gajih hewan, karena lemak itu kalorinya paling tinggi, bukan hanya menyebabkan gemuk, lemak juga sangat lambat dicerna.

Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat diharapkan dapat mengontrol porsi makan daging di hari kurban. Misalnya dengan memperhatikan porsi daging. Perhatikan pula cara memasak daging, sebaiknya daging dimasak secara matang sempurna. Daging yang digoreng akan menambah kadar lemak dari minyak goreng sedangkan dibakar akan berisiko menambah zat karsinogenik penyebab kanker. Jadi, sebaiknya memasak daging dengan cara direbus dan dikonsumsi bersama dengan sayur dan buah agar seimbang.

Tidak lupa untuk cukupi kebutuhan air harian dalam tubuh dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit saat beraktivitas selama lebaran idul adha ataupun setelah makan makanan yang tinggi kolesterol secara berlebihan.



Infografis Terkait