Lihat Semua : motion_grafis

Manfaatkan Bonus Demografi Indonesia


Dipublikasikan pada 5 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Anggar Septiadi / Desain : Mohammad Iqbal Romadhoni /   View : 4.549

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN? Saat ini jumlah penduduk Indonesia mencapai 255 juta jiwa, diikuti Filipina 101juta jiwa, dan Vietnam 94 juta jiwa. Sedangkan di dunia, jumlah penduduk Indonesia menduduki peringkat keempat.

Dengan jumlah penduduk yang sedemikian besar Indonesia memiliki potensi pasar mengungguli negara ASEAN lainnya. Hal tersebut berimbas pada potensi bonus demografi, menjadikan PDB Indonesia berada di posisi ke-2 di ASIA dengan nilai USD9,1triliun (2045).

Bonus demografi adalah suatu kondisi dimana jumlah penduduk produktif atau angkatan kerja (usia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk yang tidak produktif (di bawah 5 tahun dan di atas 64 tahun).

Tahun 2020 -2030, Indonesia akan memasuki bonusi demografi. Pada rentan waktu tersebut, diperkirakan penduduk usia produktif Indonesia akan mencapai 70 persen.

Bonus demografi akan mejadi berkah jika angkatan kerja produktif yang mendominasi jumlah penduduk bisa terserap pada pasar kerja secara baik. Sebaliknya, bonus demografi menjadi bencana demografi jika angkatan kerja tidak terserap pasar kerja dengan baik.

Untuk membahasnya, Kominfo dan Universitas Gadjah Mada akan mengadakan Demography Forum dengan tema “Bonus Demografi: Peluang, Tantangan, dan Kebijakan”.

Lebih lanjut buka demographyforum.fisipol@ugm.ac.id



Motion Grafis Terkait