Lihat Semua : motion_grafis

Mengenal Wuhan, Kota Asal Virus Corona


Dipublikasikan pada 7 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Yuli Nurhanisah /   View : 4.482

Indonesiabaik.id   -   Heboh virus corona, Kota Wuhan di China yang diketahui menjadi tempat awal mula merebaknya virus tersebut mendadak jadi sorotan dunia. Bahkan, penyebaran virus corona di Wuhan telah menjadikan kota itu tampak seperti kota mati. Situasi itu terlihat pasca-Pemerintah China mengisolasi kota tersebut.

Profil Kota Wuhan

Kota Wuhan merupakan Ibukota Provinsi Hubei dan menjadi kota terpadat di China bagian tengah. Wuhan memiliki wilayah seluas 8.494,41 kilometer persegi atau seluas kota London di Inggris. Dengan luas itu, Wuhan masuk ke dalam kategori kota terbesar ke-42 di dunia dan terbesar ketujuh di China. Kota dengan jumlah penduduk 11 juta jiwa ini terbelah oleh dua sungai besar, yaitu Sungai Yangtze dan Sungai Hanshui. Wuhan termasuk dalam kota dengan iklim subtropis dengan curah hujan tinggi dan empat musim yang berbeda.

Kondisi Wuhan Akibat Virus Corona

Saat ini, infeksi virus corona telah menyebar ke beberapa negara diantaranya Taiwan, Thailand, Vietnam, Singapura, Indonesia, dan Amerika Serikat. Bahkan, lebih dari 20 juta penduduk di Wuhan dan kota sekitarnya dikarantina. 

Wabah virus corona menyebabkan kota Wuhan seperti kota mati. Wuhan menjadi asal mula virus ini ditemukan. Tepatnya di pasar tradisional Huanan. Saat ini, Wuhan dan sejumlah kota lain di provinsi Hubei telah dikarantina, termasuk dengan menutup akses transportasi. Per pekan ada 50 penerbangan internasional ke-20 negara dihentikan. 

Sebagai langkah mitigasi terhadap virus corona, China juga memberlakukan larangan sementara perdagangan hewan liar. Sebab Virus Corona diduga tersebar melalui daging hewan liar seperti kelelawar dan ular yang dijual di pasar.



Motion Grafis Terkait