Lihat Semua : motion_grafis

Strategi Memajukan Museum di Indonesia


Dipublikasikan pada 2 years ago / Riset, Siap Bangun Negara / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 556

Indonesiabaik.id - Dalam sebuah diskusi akhir Juni 2019 di Jakarta, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud RI menyatakan bahwa penurunan fungsi museum tidak terlepas dari diserahkannya urusan pengelolaan museum ke daerah seiring dengan era otonomi daerah. Sementara bagi daerah pengelolaan museum tidak menjadi prioritas. Akibatnya, banyak museum yang merana, dan lebih berfungsi sebagai penyimpan artefak.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Fitra Arda Ambas membandingkan dengan berkembangnya museum yang dikelola oleh pihak swasta, seperti Museum Bank Indonesia maupun Museum Bank Mandiri, di Jakarta.

Nah, agar bisa kembali berfungsi dengan baik, disarankan pengelola museum harus bisa mengemas koleksi sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa mendongkrak segmentasi pasar, promosi, serta nilai estetika dan ilmiahnya dengan catatan hendaknya jangan mengganggu fungsi dasar museum sebagai pelestari.

Selain itu, pengelola museum harus mampu mencuatkan nilai-nilai unggul koleksi yang tersimpan dan disajikan kepada publik, dan merevitalisasi  sistem pengelolaan museum agar lebih adaptif dengan perkembangan zaman serta kompatibel dengan ekonomi kreatif dan industri pariwisata. “Upayakan pemanfaatan museum sebagai area publik, sehingga pengelola museum dituntut untuk dapat memberikan program dan kegiatan publik yang bernuansa kreatif, menyenangkan dan edukatif,” sambung Fitra.



Motion Grafis Terkait