Lihat Semua : infografis

Mengenal Kerja Sama COVAX Facility


Dipublikasikan pada 9 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 4.931


Indonesiabaik.id   -   Badan Kesehatan Dunia (WHO) mempersiapkan program distribusi vaksin COVID-19 melalui COVAX Facility atau Fasilitas COVAX. Melalui inisiatif itu dinilai bahwa sejumlah negara pendukung bisa mendapatkan akses vaksin secara aman, efektif, dan merata.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa sejak COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi, Indonesia telah aktif menjalin kerja sama internasional dan multilateral termasuk melalui WHO Access to COVID-19 Tools (ACT) Accelerator COVAX Facility, dalam rangka mengupayakan kemudahan akses, keamanan dan harga vaksin yang terjangkau.

Indonesia masuk kategori Advanced Market Commitment (AMC) pada COVAX Facility. Dengan masuknya Indonesia pada COVAX Facility, maka Indonesia mendapatkan jaminan akses terhadap vaksin COVID-19 yang terjangkau dan berkualitas. Hingga kini pemerintah Indonesia terus menjalin komunikasi intensif dengan GAVI dan COVAX Facility guna mengetahui waktu persediaan vaksin dan harganya.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, bahwa kemitraan global ini bukan satu-satunya inisiatif global, kerja sama pemerintah dan produsen terus dilakukan untuk memastikan vaksin COVID-19 tersedia di seluruh dunia untuk seluruh negara baik negara yang berpenghasilan tinggi maupun negara berpenghasilan rendah.

Tentang COVAX Facility

COVAX Facility adalah program bersama untuk mendukung akses penanggulangan COVID-19 melalui kolaborasi mempercepat penelitian, produksi, dan akses yang setara atas vaksin COVID-19.

  • Pengelola kerja sama ini adalah GAVI, WHO, Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI)

  • Partisipan terdiri dari 171 negara (per 10/10/2020)

  • Targetnya menyediakan 2 miliar vaksin hingga akhir 2021

  • Estimasi investasinya mencapai 38 miliar dolar AS



Infografis Terkait