Lihat Semua : videografis

Penyebab Maraknya Perdagangan Orang


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Putri Isnur /   View : 450

 

Perdagangan orang menjadi tindak pidana serius yang masih terjadi di dunia termasuk di Indonesia. Salah satu jenis perdagangan orang adalah kasus online scam, yaitu trend baru dalam tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Dalam 3 tahun terakhir, pemerintah udah menyelesaikan sekitar 1.841 perdagangan orang dalam kasus online scam. Untuk memberantas perdagangan orang, pemerintah udah membuat dan meresmikan UU No 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Pasal 81 UU No 28 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P2MI) untuk menjerat pelaku.

Selain itu, pemerintah khususnya KBRI sudah meyelamatkan dan memulangkan ratusan hingga ribuan WNI dari negara Kamboja, Myanmar dan Laos. Polri bekerja sama dengan Kominfo serta Direktorat Tindak Pidana Siber Polri melaksanakan kegiatan patroli siber untuk memblokir akun-akun yang digunakan oleh perekrut dan korban.



Videografis Terkait