Lihat Semua : infografis

Kelapa Sawit Nihil Limbah


Dipublikasikan pada 14 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 371


indonesiabaik.id - Seluruh bagian kelapa sawit mulai dari buah, pelepah, batang, bahkan limbahnya, dapat diolah menjadi  berbagai macam produk yang berguna.

Tidak Ada yang Terbuang

Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang produktif, tanaman alami tanpa limbah produksi serta memiliki segudang manfaat dalam kehidupan. Setiap bagian dari tanaman itu punya kegunaan atau dapat dimanfaatkan sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia.

Sebut saja produk turunan yang dihasilkan dalam proses produksi dan pengolahan minyak kelapa sawit, limbah, itu saja dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat menjadi energi.

Limbah kelapa sawit dapat berupa limbah padat, limbah cair dan limbah gas, yang semuanya masih dapat dimanfaatkan baik untuk bahan bakar, pakan ternak, pupuk, bahan industri, biogas , listrik, dan sebagainya.

Limbah cair sawit / Palm Oil Mills Effluent (POME) bisa dimanfaatkan menjadi biogas dan listrik. Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) bisa untuk bahan baku polyester serta sebagai DME untuk substitusi LPG.

Belum lagi berbicara soal inti dari tanaman, yaitu daging dan inti buah sawit. Bagian ini bisa diekstrak menjadi minyak sawit dan minyak inti sawit. Sementara itu, cangkang sawit berguna sebagai bahan bakar boiler, yakni mengubah limbah menjadi uap yang dapat menggerakan mesin turbin. Selain itu, berfungsi pula untuk mengoperasikan segala mesin yang berbasis uap.

Pada bagian pohon atau batangnya, bisa dimanfaatkan untuk Sandwich Laminated Lumber (SLL), Glucose, Starch Ethanol, Lactic Acid serta bahan dasar furniture.



Infografis Terkait