Lihat Semua : infografis

Yuk jadi Pemilih yang Cermat dan Sehat!

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 150


Indonesiabaik.id   -   Cerdas dan cermat dalam memilih menjadi aspek penting yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara. Masyarakat sebagai pionir demokrasi diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran politik sebagai pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. Indonesia dalam beberapa waktu ke depan akan melaksanakan Pemilihan Serentak 2020 pada Desember.

Sebagai pemilih, sebaiknya kita rajin menelusuri informasi rekam jejak calon pilihannya, mulai dari latar belakang, pendidikan, keluarga, aktivitas sosial dalam lingkungannya, dan kerja yang sudah dilakukan untuk orang banyak. Tak terkecuali, sebuah visi misi yang dibuat, apakah sudah relevan atau belum.

Apa saja yang harus diperhatikan?

  • Menyadari betul pentingnya menjadi pemilih

  • Pertimbangkan aspek integritas dan kapabilitas calon-calon dalam pilkada

  • Ingat, pilihan kita menentukan kesejahteraan masa depan pembangunan daerah kita

  • Telusuri rekam jejak, visi misi, dan program kerjanya

  • Tidak mudah terpengaruh hoaks kampanye

  • Pilihlah calon pemimpin yang memiliki program kerja yang terukur, bukan sekadar program kerja untuk menarik simpati publik

  • Pilih calon yang tahu persis permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan menawarkan sebuah solusi untuk mengatasinya

Selain itu, dengan diadakannya Pemilihan Serentak 2020 di tengah pandemi COVID-19, maka selain menjadi pemilih cerdas dan cermat, masyarakat juga perlu menjadi pemilih sehat. Memastikan dalam prosesnya menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya agar aman dan bebas dari penularan virus. Penerapan 3M sebagai upaya pencegahan penularan virus menjadi paket lengkap ketika melakukan pemilihan nantinya.



Infografis Terkait